Review Modem Wifi 4G LTE Telkomsel 500 Mbps

Review Modem Wifi 4G LTE Telkomsel 500 Mbps

DheVilz.Id – Kali ini om Dhe akan membahas sebuah modem yang sudah lama muncul tapi baru kali ini akan om Dhe Bahas. Yaitu modem wifi 4G LTE Telkomsel 500 Mbps. Bagaimana ulasan dari modem ini? Mari kita simak 🙂

Modem ini memiliki tagline yaitu “Enjoy the freedom of surfing anytime and anywhere”

Jika dilihat dari bentuknya, modem ini sama seperti modem-modem usb yang lain, berbentuk persegi dan sedikit membulat dibagian ujung-ujungnya sehingga terkesan lebih mewah jika dilihat.

Oh iya, modem wifi 4G LTE Telkomsel 500 Mbps yang akan om Dhe riview yaitu berwarna hitam doff. Terdapat dua variant warna yang dimiliki oleh modem ini, yaitu warna hitam doff dan putih. Warna dasar putih dengan coretan warna “TELKOMSEL” berwarna hitam dan dipadukan dengan tulisan berwarna merah “4G” yang cukup besar. Sedangkan pada modem yang memiliki warna hitam doff dipadukan dengan warna putih dan merah.

Pada bagian depan modem ini terdapat tulisan TELKOMSEL 4G LTE 500 Mbps dan tulisan WiFi FDD-LTE serta disediakan pula inikator led yang menyala berkedip. Warna-warna ini dimaksud untuk memudahkan pemakai/user untuk memahami modem tersebut.

Warna LED menyala merah menandakan modem tidak mendapatkan sinyal. Sedangkan warna hijau berarti modem mendapatkan sinyal. Jika led berkedip berwarna hijau dan merah berarti ada perangkat yang terhubung ke modem (misal smartphone/ponsel atau komputer) tetapi modem tidak mendapatkan sinyal internet. Jika modem berkedip berwarna hijau dan biru/ungu maka ini menandakan bahwa modem sudah terhubung dengan perangkat dan mendapatkan sinyal internet.

Fitur yang dibawa oleh modem ini yaitu:
– Easy selft-installation kit
– HSPA+/HSDPA/UMTS 2100 MHz
– 4G LTE 1800 MHz
– PLug and Play
– Auto APN
– Micro SD Card slot up to 32GB
– Support SMS, Voice Call and Phonebook

Modem ini juga support Sistem Operasi
– Windows 2000/2003/XP/Vista/Win7/Win8
– Linux
– Mac OS
– Android

Jika dilihat dari Spesifikasinya, modem ini sudah cukup mumpuni dilihat dari harganya yang saya dapat antara 300 ribu sampai 350 ribu saja. Kelebihan yang dibawa oleh Modem Wifi 4G LTE Telkomsel 500 Mbps ini diantaranya adalah :

Yang pertama adalah kemudahan dalam hal instalasi, modem ini juga dibekali dengan support berbagai sistem operasi. Walaupun didalam spesifikasi tidak terdapat tulisan support windows 10, namun ketika om Dhe coba di windows 10 Redstone 5 modem ini dapat berjalan dengan normal.

Yang kedua Modem ini walaupun terdapat tulisan telkomsel yang cukup besar, namun ternyata support dengan kartu selain telkomsel. Semua jaringan 4G LTE 1800 bisa dijalankan dengan baik. Om Dhe sendiri mencoba modem ini menggunakan kartu 3, dan dapat berjalan dengan lancar. Kemudian bagi kalian yang daerahnya belum tercover sinyal 4G atau sinyal 4Gnya masih buruk, bisa menggunakan jaringan 3G. Modem ini support jaringan 3G dengan frekuensi 2100 MHz. Ada juga di pengaturan modemnya untuk jaringan EVDO namun saya belum mencobanya, mungkin bagi kalian yang menggunakan modem ini dan menggunakan jaringan CDMA bisa memberikan komentarnya di blog ini.

Yang ke tiga, modem ini sudah ada pengaturan APN otomatis, sehingga ketika kalian ganti kartu, tidak perlu repot-repot untuk seting APN internetnya karena sudah ada setingan otomatisnya.

Yang ke empat, modem ini sudah support SD Card sampai 32GB. Jadi selain digunakan sebagai modem atau alat untuk berinternet ria, kalian juga bisa menggunakan modem ini untuk menyimpan data seperti foto, vidio, dokumen dan lain-lain, namun SD Card harus di beli sendiri ya hehe
Modem ini juga sudah disediakan lubang antena untuk memperkuat sinyal. Bagi kalian yang sinyal internetnya masih lemah dapat membeli antena penguat sinyal khusus modem.

Yang kelima, Modem ini juga sudah bisa digunakan untuk SMS, Voice call dan Phonebook. Namun saya sendiri belum mengetes untuk point ke lima ini. yang jelas jika ingin voice call harus terhubung dengan Laptop atau PC yang tersedia mic, sehingga kita bisa berbicara kepada pihak lawan. Namun untuk dial sekedar untuk mengecek pulsa dan lain-lain sudah om dhe coba, dan itu memang bisa.

Yang ke enam, adalah fitur favorit saya .

Yang menarik dari Modem Wifi 4G LTE Telkomsel 500 Mbps ini adalah fiturnya yang bisa menjadi wifi hostpot tanpa harus terhubung dengan komputer atau laptop terlebih dahulu. Jadi tinggal kita tancapkan di kepala charger ponsel atau ditancapkan ke powerbank maka otomatis akan menjadi wifi hotspot.

Kelemahan Modem Wifi 4G LTE Telkomsel 500 Mbps ini adalah :
Pertama, sama dengan kebanyakan modem-modem yang lain, modem ini mudah sekali panas. Ya walaupun tidak panas-panas banget tapi lumayan lah ya, tau sendiri kan modem kalau sudah panas biasanya kecepatannya akan menurun. Namun saya akali dengan kabel USB extend jadi tidak terlalu panas dibandingkan jika modem dicolok langsung ke kepala charger.

Yang kedua, penangkapan sinyalnya lumayan jelek ya, apalagi kalau modem sudah panas dan cuaca mendung, lumayan susah di daerah saya. Namun ini mungkin tidak berlaku bagi kalian yang tinggal dikota-kota besar. Karena sinyal internet sudah pasti melimpah. 🙂

Mungkin yang ketiga ini bukan kelemahan ya, hanya informasi saja, modem ini dari posisi mati hingga menyala membutuhkan waktu sekitar 3 – 5 detik, cukup lama kalau menurut saya.

Sekian riview singkat saya tentang Modem Wifi 4G LTE Telkomsel 500 Mbps semoga review ini bisa berguna bagi kalian yang sedang mencari modem wifi murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *